30 Agustus 2011

Pythagoras

Tokoh Matematika

Nyempil bentar :
Wuaa setelah ada Cuma dipikiran sekarang kelaksana deh nulis tentang tokoh-tokoh matematika. Dan ini insya Allah bakalan terus, lanjut tentang tokoh matematika yang lain. Semoga bisa bermanfaat. Tujuannya c sebenernya lebih menjiwai matematika. :DD
Di tulisan pertama tokoh matematika ini aku nulis soal Pythagoras. Yuu langsung ke artikelnya.


Phytagoras lahir di pulau Samos pada tahun 570 SM. Kehidupan Pythagoras sedikit rancu karena banyaknya kisah-kisah tentang dirinya terutama ajaran-ajaran keagamaan Pythagoras. Perjalanan Pythagoras dalam mencari filsafatnya membuat Phytagoras mendirikan sebuah tarekat beragama yang kemudian dikenal dengan sebutan “Kaum Phytagorean.”
Disini kita tidak akan membahas lebih jauh tentang hal itu. Tetap pada topic matematikanya..
Phytagoras percaya bahwa angka bukan unsur seperti udara dan air yang banyak dipercaya sebagai unsur semua benda. Angka bukan anasir alam. andangan Phytagoras mengungkapkan bahwa harmoni terjadi berkat angka. Bila segala hal adalah angka, maka hal ini tidak saja berarti bahwa segalanya bisa dihitung, dinilai dan diukur dengan angka dalam hubungan yang proporsional dan teratur, melainkan berkat angka-angka itu segala sesuatu menjadi harmonis, seimbang. Dengan kata lain tata tertib terjadi melalui angka-angka.
Pythagoras memberikan sumbangsih penting untuk matematika pada abad ke- 6 SM.  Penemuan Pythagoras yang paling terkenal adalah Teorema Pythagoras yang menyatakan bahwa dalam segitiga siku-siku, jumlah kuadrat sisi siku-siku sama dengan kuadrat hipotenusa/sisi miringnya. Secara geografis di jelaskan sebagai berikut.


a2 + b2 = c2 atau a2 = c2 – b2 atau b2 = c2 – a2
Walaupun faktanya teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia lah yang pertama membuktikan pengamatan ini secara matematis.

Pythagoras kemudia dikenal sebagai "Bapak Bilangan" atas sumbangsihnya terhadap matematika.

Yups Cuma segitu karena minimnya sumber. Tulisan ini modified from this
Moga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar