23 September 2012

SIDANG SKRIPSI ^0^ tidak semenakutkan yang kau kira



Dan tentu saja tidak semudah yang kamu pengen.
Yah udah otomatis kan, namanya aja ujian (sidang) apalagi ini ujian paling menentukan setelah minimal kamu berjuang 3,5 tahun. Jelas ini ujian paling wow buat jenjang S1 kaaannn..
Naahh hari ini aku mau bagi-bagi cerita soal ujian yang udah aku jalanin. Inget postingan S.Pd ??? Kalo lupa baca lagi deehh (S.Pd)
Artikel ini tindak lanjut dari postingan itu,, kenapa aku bilang artikel? Soalnya disini kadar curhatku cuman 1% :D...Yup yaitu ALHAMDULILLAH LANCARRRRRR :D. Dan tanggal 16 Agustus 2012 kemarin aku udah dinyatakan lulus, dan secara virtual 3 huruf S besar, titik, P besar dan d kecil sudah ada dibelakang namaku. Yeah masi virtual soalnya bukti fisiknya masi dalam proses menuju wisuda.
OK 1% curhat, sekarang balik ke topik yaitu bahas tentang sidang ujian skripsi. Di sini aku bakalan bahas tentang pertanyaan statistik yang bahkan mahasiswa matematika saja kalang kabut cari sumbernya. Kemarin sebelum ujian aku ngumpulin beberapa bahan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan statistik umum yang alhamdulillah di ujian aku ga ditanya itu.
OK langsung aja check this out...

Pengujian NORMALITAS dan HOMOGENITAS
Pengujian normalitas dilakukan karena Data sampel hanya dapat digeneralisasikan pada populasi apabila sampel tersebut normal sesuai dengan populasinya. Selain itu jika data sampel berdistribusi normal maka pengolahan data akhir menggunakan statistik parametrik dan hasil pengolahan data sampel dapat diGENERALISASIKAN ke populasi.(hal. 156)
Pengujian homogenitas dilakukan untuk memastikan kelompok yang dibandingkan mempunyai varians yang homogen sehingga dapat diklaim bahwa perubahan yang terjadi yang menyebabkan perbedaan kelompok setlah perlakuan hanya disebabkan oleh pemberian perlakuan. Bila varians tidak homogen maka perbedaan hasil setelah perlakuan tidak dapat dikatakan merupakan perubahan dari perlakuan, karena sebagian perbedaan adalah perbedaan dalam kelompok sebelum perlakuan. (hal 176)
Sumber: Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pengujian statistik menggunakan UJI PIHAK KANAN
Hipotesis adalah jawaban sementara dari rumusan masalah. Alasan penggunaan uji pihak kanan ada hubungannya dengan penarikan hipotesis, karena itu alasan penggunaan uji pihak kanan adalah:
Hipotesis yang akan diuji dinamakan hipotesis kerja. Hipotesis ini disusun berdasarkan atas teori yang dipandang handal. (Dalam skripsi hipotesis kita merupakan hipitesis kerja, karena itu kita butuh segudang teori pada BAB 2 untuk mendukung hipotesis kita). Sedangkan hipotesis nol adalah hipotesis yang disusun karena teori yang digunakan masih meragukan. Sudjana berpendapat bahwa dalam kegiatan penelitian yang diuji terlebih dahulu adalah hipotesis penelitian terutama pada hipotesis kerjanya. Dengan kata lain pada saat kita melakukan pengujian maka kemungkinan besar yang terjadi adalah diterimanya hipotesis yang kita susun. (hal 97)
Sumber: Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Prosedur dan Persyaratan PENGUJIAN HIPOTESIS
Prosedur pengujian Hipotesis mencakup 4 komponen persyaratan, yaitu
1) membuat pernyataan-pertanyaan Hipotesis Nol (H0) dan Hipotesis Alternatif (H1);
2) menunjukan rumus statistik yang digunakan, misalnya Koefisien Korelasi dan Persamaan Regresi;
3) menunjukan jumlah sampel dan taraf kepercayaan (degree of freedom) untuk mendapat nilai pembanding pada t/F tabel;
4) menjelaskan ketentuan pengujian Hipotesis dengan penjelasan : apabila t/F hitung > t/F tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima – artinya : terdapat pengaruh; dan apabila t/F hitung < t/F tabel maka H0 diterima dan H1 ditolak – artinya : tidak terdapat pengaruh.
Sumber: Googling di mbah google tentunya. Tapi aku lupa nulis link-nya...hehe.

Stopp...catetanku berhenti di sini,,, karena dulu ngetiknya separo-separo a.k.a ga langsung selese makanya ketikan ini berhenti di pertanyaan statistik ke 3. Selain kertasnya ilang dan aku lupa materi statistik yang aku pelajari mati-matian waktu itu... aku juga malez bongkar buku di kardus kardus gedhe pojok kamar itu...ehehe..
Yeah meskipun singkat. Semoga bisa membantu kalian kalian yang pusing ngadepin syndrom pra ujian skripsi...

Semangat kawann... Segalak n sekiller apapun penguji utamamu, beliau juga manusia koq,, yang nantinya pas revisi ujian bakalan tersenyum menyapamu dan tertawa bersamamu. menertawakan betapa groginya kamu saat ujian. Soo... di bikin santai tapi usaha dan doa jangan pernah henti.
Semangat !!!!!

2 komentar: