7 September 2012

DISKON !!! SALE !!!

Wuah kalo liat tulisan yang mestinya selalu gede banget ini, mata mesti langsung melek. Yang tadinya niat lurus, jadi belok. “Liat dulu deh sapa tau ada yang bagus, kan lumayan ne diskon”. Daaannn ujung-ujungnya dari ‘liat dulu’ berubah jadi ‘igh kok jadi murah y diskon segede ini’ kemudian ‘Gw ga jadi beli ‘itu’ deh, mending ‘ini’ dulu, mumpung diskon kan ga tiap hari”
Naah kan yang tadinya si ‘itu’ emank pentink akhirnya kalah sama ‘ini’ yang sebenernya belum dibutuhin banget. Ayoo ngereem laper mata dengan memahami apa itu diskon...
Pernah belajar matematika ??? yah jangan bete dulu denger matematika. Ruwet-ruwet gitu abis dipelajari jadi simpel koq dan manfaatnya banyak. Kaya tentang diskon ini. Ini sebenernya materi Aritmatika Sosial di SMP. Di matematika udah dijelasin semua hal yang kamu butuhin buat ngitung diskon, biar kamu ga kejebak gitu aja.
Kita disini ga akan ngebahas untung ruginya suatu produsen dengan diskon yang segedhe gajah, soalnya udah rahasia umum kalo pedagang tu ga ada yang mau rugi dan setiap barang yang akan didiskon akan mengalami kenaikan harga terlebih dahulu.
Kita disini bahas yang simpel-simpel aja. Soal laper mata liat tulisan SALE atau DISKON yang hampir 100%. Gila aja jualan apa sodakoh buu..hehe...
Yeah seringkan kalo lagi jalan-jalan di Mall liat tulisan-tulisan kaya gambar berikut.
Diskon 70%+10%, diskon 70% + 25% dan lainnya. Bagaimana cara menghitung harga yang akan kita bayarkan untuk barang yang telah didiskon tersebut? Apakah diskon 70% + 25% sama artinya dengan diskon 95%.
Perhatikan nota barang yang telah didiskon berikut. Mari kita analisis
Pada label harga awal tertulis harga sebuah baju 339.000 rupiah. Kemudian setelah dikenakan diskon 50%+20% hanya harus membayar 135.600 rupiah. Bagaimana cara menghitung diskon ++ ? Misalnya kita tarik 3 hipotesis berdasarkan kemungkinan mencari harga setelah mendapat diskon.
1.   1.     50%+20% = 70%
   Harga yang harus dibayar
Jadi harga yang harus dibayar 101.700 rupiah. Ini berbeda dengan tulisan harga yang harus dibayar yang tertulis pada nota
2.   2.     50% dari harga + 20% dari harga
      Diskon 50%, maka potongannya sebesar
      Diskon 20%, maka potongannya sebesar

      Jadi potongan harga sebesar 169500 + 67800 =237300
      Harga yang harus dibayar = 339000 – 237300 = 101700
Ternyata perhitungan kedua memberikan hasil yang sama dengan perhitungan kedua hasil yang salah
3.       3. 20% dari harga setelah diskon 50%
      Harga yang harus dibayar saat diskon 50% 
      Kemudian dari harga tersebut didiskon lagi 20%. Maka harus membayar
       Ternyata memberikan hasil yang sama dengan harga yang harus di bayar yang terlutis pada nota.

Jadi diskon 50%+20% tidaklah sama dengan diskon 70%. Karena pada perhitungannya jika suatu benda di diskon 50% + 20%, maka benda tersebut akan didiskon 50% dahulu dan dari hasilnya baru didiskon dengan diskon plus-nya yaitu 20%.

Itu dia tips sederhana ngatasin laper mata liat tulisan Sale. Jangan sampai salah ngitung, apalagi kalo bawa uang pas. Waduuh mukanya mau dikemanain girls, kalo ketauan duitnya kurang.
Yeah selamat berbelanja, dan ayo cintai Math for better life :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar