15 Juni 2013

Puasa Senin Kamis



Familiar kan ditelinga kamu jenis puasa ini. Yupz ini salah satu puasa sunah yang cukup banyak orang menjalaninya. Artikel satu ini akan membahas semua seluk beluk puasa sunah senin kamis. Aku bakalan share sejarahnya, tata caranya, juga keistimewaannya. So, baca sedetailnya ambil manfaatnya dan comment kalo kamu ngerasa perlu bilang makasih atas adanya artikel ini. :D
Nabi Muhammad saw. saat ditanya mengapa beliau berpuasa Senin Kamis, beliau menjawab: “Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus dan hari diturunkan Alquran kepadaku” (HR. Muslim). Hadis ini menjelaskan keistimewaan hari Senin dan Kamis, yaitu sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad saw, hari ketika diangkatnya beliau sebagai Nabi dan Rasul, dan hari ketika Alquran diturunkan. Pada hadis lain, Rasullullah saw bersabda: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi). Jelaslah bahwa pada hari Senin dan Kamis amalan kita akan dilaporkan pada Allah swt. Dan Rosulullah mengajarkan agar lebih baik kita berpuasa saat amalan kita dihadapkan pada Allah swt.
Perlu ditekankan bahwa Puasa Senin Kamis bukanlah puasa yang harus dikerjakan berurutan, misalkan puasa ini harus dikerjakan mulai dari hari Senin. Anggapan tersebut keliru, karena Puasa Senin Kamis bisa dikerjakan dari hari Kamis dahulu maupun hari Senin dahulu. Tidak ada ketentuan khusus bahwa Puasa Senin Kamis harus selalu beriringan. Selain itu puasa sunnah bisa kita lakukan tanpa niat sebelum waktu subuh. Kalaupun kamu lupa makan pagi, lalu langsung niat untuk puasa sunnah, hal tersebut dapat dibenarkan. Karena menurut riwayat, Rasulullah saw pernah datang kepada Aisyah pada selain bulan Ramadhan, kemudian beliau bersabda: "Apakah engkau punya santapan siang? Jika tidak ada, aku akan berpuasa." (HR. Muslim).
Namun lebih baik jika kamu tetap menyengaja sahur dulu sebelum puasa, sahur sebelum berpuasa sunah memiliki banyak keberkahan seperti sahur pada bulan Ramadhan.
Berpuasa sunah memiliki banyak kelebihan dalam hal duniawi juga. Dr. Allan Cott M.D, memperkenalkan metode penyembuhan dengan puasa. dalam bukunya yang berjudul “Why Fast?”. Dr Cott mengungkapkan bahwa efek dari puasa adalah Merasa lebih baik secara fisik dan mental, terlihat dan merasa lebih muda,menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, lebih mampu mengendalikan seks, membuat tubuh sehat dengan sendirinya, mengendorkan/melepaskan ketegangan jiwa, menajamkan fungsi indrawi, dan memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri. Selain itu dari segi Agama berpuasa juga memiliki banyak keutamaan, diantaranya.
1.Menghindarkan diri dari dosa
Menurut Hadist nabi berikut “Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separuh dari kesabaran.” (H.R. Ibnu Majah). Jelaslah bahwa dengan puasa Senin Kamis, diri kita menjadi lebih bersih dalam hal emosi dan spiritual. Karena itu puasa sunnah ini dapat disebut sebagai zakat jiwa. Hadis lainjuga menyebutkan keutamaan puasa sunnah ini sebagai ajang latihan penghindaran diri dari perbuatan dosa, yakni: “Puasa adalah benteng yang membentengi seseorang dari api neraka yang membara.” (H.R. Ahmad dan Baihaqi).
2.Meningkatkan amalan
Seringkali kita malas dalam beribadah di hari-hari biasanya, namun pada saat berpuasa amalan kita cenderung meningkat karena puasa membuat hati kita lebih bersih sehingga produktivitas dalam meningkatkan amalan pun meningkat. Seringkali, orang yang berpuasa cenderung ingin berbuat baik lebih banyak dari biasanya. Puasa juga melembutkan hati karena membuat kita penuh empati pada orang yang kurang beruntung dalam kesehariannya. Jadi puasa Senin Kamis dapat membuat keseimbangan dalam meningkatkan amalan kita dan menghindarkan diri kita dari kemalasan.
Naahhhh guys, udah jelas kan puasa sunah punya banyak keuntungan. Bahkan udah dijelaskan dalam berbagai penelitian medis tentang manfaat berpuasa. Masih ragu buat puasa?? Yaahhh latihan dulu deh, paling ngga puasa Senin Kamis sampai terbiasa dengan puasa sunnah lainnya.
Try it guys. U couldn’t know anything if u never push ur self into the pattern. :p
Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar