24 Oktober 2012

ACEPT & PAPs : Perjalanan Merealisasikan Mimpi



Oktober adalah bulan transisi perubahan statusku. Agenda penuh ada di bulan ini. Dan segudang impian baru terbentuk bulan ini. Salah satunya masuk kampus impian yang dahulu kala terlalu pengecut nyaliku untuk sekedar menjajal kemampuan dengan tes. Dan bulan inilah saatnya membentuk tekad untuk mengejar mimpi sejauh aku bisa merealisasikan mimpi itu.
Awalnya rencana sempurna terbentuk, tapi akhir september ternyata ada agenda baru berkaitan dengan prosesi kelulusanku. AMBIL TOGA. Yeah jadilah rencana itu memanjang dan melelahkan badan. Bayangin aja dalam 1 bulan itu aku bolak-balik purwokerto-semarang-purwokerto-jogja-purwokerto-semarang-purwokerto.  Yeah secara kondisiku ga fit kalo harus naik kendaraan umum dan berjam-jam... makanya aku bilang melelahkan. Namun alhamdulillah masih diberi kesehatan menjalani semua itu.
Yeah langsung ceritain langkah merealisasikan mimpi aja ya.
Yupz 1 Oktober 2012 aku daftar ACEPT & PAPs via bank BNI UNNES terus malemnya baru daftar online. Daaannn resmilah aku jadi peserta tes ACEPT & PAPs UGM yang bakalan dites tanggal 10 oktober.  Aku belajar ga sampe sebulan. Soalnya banyak kegiatan yang ga memungkinkan untuk konsentrasi sama materi psikotest, grammar, daann tentunya membiasakan telinga ma cicit cuit bahasa inggris. Yeah yang penting tekad, usaha, doa, dan menyerahkan semua sama Yang DiAtas soal hasilnya.
So, tanggal 5 Oktober aku balik purwokerto dan tanggal 9 aku ke Jogja. Bener-bener nekad ga hubungin sapa-sapa. Entah temen ato sodara di Jogja semua ga ada komunikasi. Aku males gembar-gembor. Takut ma akibatnya kalau aku ga sesuai dengan persepsi atau harapan mereka. Jadilah aku muter-muter nyasar-nyasar di Jogja, nyari penginepan yang ternyata udah penuh semua L. Untungnya ada pegawai gedung PPB UGM >gedung tempat tes ACEPT & PAPs besok< yang berbaik hati mau ngasih tau tempat penginepan yang deket-deket lokasi tes. Dan dapetlah tempat buat tidur di TALENTA III.
Semaleman belajat PAPs, dan ga percuma jam 08.00-11.00 WIB, 10 Oktober 2012. Lancaarrrr. Dari bahasa, logika, dan matematika bisa di lalui tanpa mikir kelamaan. Tapi sayangnya managemen waktuku rada ga bagus. Aku suka penasaran banget sama soal yang susah dan alhasil beberapa nomor lewat tanpa terjawab karena waktu yang ga mencukupi. Dan salahnya aku lagi, udah tau ga ada pengurangan untuk jawaban salah tapi aku tetap meninggalkan beberapa nomor tanpa jawaban. Hmzz...yasud yang jelas akhir dari tes PAPs masih Lancaarrrr.
Siangnya tes ACEPT dimulai jam 12.30. Untung aku udah bawa roti+air mineral jadi ga terlalu panik waktu kantin PPB tutup. Jadi sisa waktu aku pake buat makan dan baca-baca materi grammar. Yeah itung-itung sambil nunggu tempelan pengumuman nomor tempat duduk ACEPT >Aku belum tau nomor kursiku tanggal 9 pas survey belum ada tempelan ACEPTnya atau mungkin aku yang ga tau<. Jam tengah 12 koq belum ada pengumuman juga, aku sampe tanya sama pegawai PPB >yang kemarin ngasih informasi penginepan< eh dianya juga ga tau. Harap-harap cemas dan belaga tenang aku melanjutkan makan roti dan baca-baca. Untung ada cowok teknik elektro ngajakin kenalan...eh ngobrol-ngobrol lama ternyata dia bilang kalo pengumuman tempat duduk ACEPT udah di tempel dari kemarin di papan pengumuman pintu belakang PPB. Gubrag,,,tuh kan salah info...
Untungnya bisa tau jadi masuk ruangan bisa tenang nyaman dan ga terlalu grogi. Makasi yah mas Makasar >maaf aku langsung tinggalin gitu aja...dan aku lupa namanya hihihi<. Soalnya pas waktu udah mepet ternyata banyak yang ga taunomor tempat duduknya, wuah kalo aku udah panik banget,, sendirian c...

Gimana tesnya ?? tersendat-sendat >,<
Listening, jalan tol, vocab jalan desa, grammar jalan kabupaten, reading jalan propinsi >tapi sumpah teksnya puanjang benerrrr<, composing jalan kabupaten...
Kira-kira gitulah, aku ga terlalu yakin sama ACEPTnya, kan aku belajarnya rada kurang juga. Tes berakhir dan sore itu juga aku balik purwokerto tanpa main dan dokumentasi di daerah istimewa itu....it’s ok lah mengejar waktu buat jaga badan di wisuda...
Nahh kan kronologi ACEPT ma PAPs ga sesinggat kalo diomongin. Tapi ya sudahlah semua berakhir masih dengan senyum, Tinggal nunggu pengumuman tanggal 24 Oktober 2012.
Daann ini kisahku menuju tanggal 24 Oktober 2012. 19 Oktober 2012 usai wisuda universitas aku buka web UGM. TERNYATA..... matematika ga dibuka untuk um gelombang 3, desember besok... (T~~T). Rencanaku berubah total. Aku ga bisa langsung kuliah tanpa nganggur setahun. Rencanaku bergeser untuk mulai mencari pekerjaan mengisi 1 tahun menunggu UM lagi tahun depan. Kecewaaa di masa bahagia wisuda. Dan kekecewaan itu ternyata masih bertambah. 24 Oktober 2012, satu hari setelah wisuda fakultas, aku buka hasil tesku.

PAPs... AMAANNNN di atas standar banget lah... :D

ACEPT....listeningQ ternyata bagus y, vocab ma grammar yang kurang. Skor-skor gmn?? Jreng-jreng-jreng 207..... huhuhu kurang 2 pont lagi ya ALLAH (T~~T)

Huaaa... rasanya di ambang batas itu pengen hapus angka 7 dan nulis angka 9. Biar pas aja ga papa deh yang penting lolos.
Tapi realitanya gitu. Merealisasikan mimpi butuh perjuangan yang harus diimbangi tekad yang kuat. Aku emang bener-bener harus nyusun rencana ulang. Tes ACEPT lagi buat pendaftaran tahun depan dan nyari kerjaan buat 1 tahun yang kosong. Allah Maha Tau yang terbaik untukku. Semoga tes yang akan datang hasilnya jauuhhhhh lebihh baik. Aminnn...
Intinya dari curcol panjang ini aku pengen bagi pengalaman aja. Dan juga beberapa saran soal tes ini.
1.   H-1 tes lihat semua papan pengumuman, aku jamin >Insya Allah< nomor tempat duduk kamu udah terpasang di sana. Mau papan pengumuman di depan atau belakang pokoknya kamu cek semua.
2.   Inget nomor tempat duduk PAPs sama ACEPT beda. Jadi jangan ngotot kalo tempat duduk kamu disitu-situ aja.
3.   Sedia Roti+Air Mineral kalo ga mau muter-muter jauh nyari makan. Kantin PPB 2 kali (tanggal 9 ma 10) aku ke sana tutup terus.
4.   Lebih gampang nanya sama cowok-cowok UGM daripada nanya sma cewek-cewek UGM yang gerombolan terus dan ga seramah yang kamu bayangin. Hehe saran ini cenderung subjektif c y....
5.   Mau tes ACEPT bisa koq belajar dengan buku TOEFL,, yeah meski banyak saran bilang kalo berbeda, tapi itu lumayan membantu koq.
6.   Katanya yang udah tes PAPs berkali-kali. Susah-susahnya tes PAPs UGM masih lebih susah soal yang kamu pelajari waktu mau tes.
Nahhh itu dia sarannya moga bisa membantu ya....
Ayo berjuang, jangan takut bermimpi. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar