24 Februari 2010

10 kebiasaan buruk yang bisa merusak otak

Pernah denger denger lelucon tentang otak?? Yang udh tau pasti ge senyum senyum inget lelucon itu tapi buat yang belum pernah denger jangan nangis donk-hehe- aku bakalan ceritain ulang..
Begini ada 2 orang perawat Indonesia dan Amerika yang mengotopsi 2 orang mayat yang memiliki kewarganegaraan sama-indonesia dan amerika-. Saat mayat pertama yaitu orang indonesia yang diotopsi, mereka melihat otak yang berwarna putih, kemudian saat melihat otak orang amerika kedua perawat itu sama sama tercengang tak percaya otak mayat orang amerika itu berwarna kelabu dan gelap, benar benar tak bagus dilihat. "Wow amazing",kata si perawat Amerika. Namun si perawat Indonesia malah tergelak tak berhenti berhenti. "Wah ternyata orang amerika selalu berpikiran kotor ! lihatlah otak orang indonesia putihnya..",ejeknya disela tawa. ???
Mudeng ga?? Yang ketawa mesti mudeng. Hehe rada jayus ya? oke deh q jelasin.  Menurut sebuah penelitian. Otak yang berwarna kelabu itu berarti otak yang rusak karena terlalu keras berbikir dan terus digunakan untuk bekerja. Sedangkan otak yang putih itu berarti otak yang jarang digunakan berpikir. Tau kan sekarang?? Hehe..lelucon itu sebenarnya sangat menghina orang indonesia tapi ya..jadiin pelajaran aja buat orang indonesia biar berhenti buat ga pake otak..:-P.
Okey kita lagi ga ngomogin itu ya, yang kita bahas diartikel ini adalah kebiasaan buruk yang bisa ngerusak otak. Buat pengetahuan aja biar kita bisa merawat otak kita biar ga rusak.
"Wah..berarti ngejaga biar otak tetap putih donk?? ga usah mikir aja..ya ga??"
Eit..jangan asal tebak, salah besar kalo cara kita ngejaga otak dengan ga berpikir sama sekali. Itu sich malah ga ngehargain nikmat yang dikasih kekita. Dan ga berpikir itu sebenarnya malah menumpulkan penalaran kita loch. Terus cara yang benar gimana??
Okey simak ya aku kasih 10 kebiasaan buruk yang bisa ngerusak otak. Perhatikan dan hindari tentunya, biar atak kita tetep sehat dan bisa berpikir maksimal.

1. Tidak Sarapan Pagi
Hayoo sapa yang biasa ga sarapan pagi?? Kebiasaan ini jelak banget loch. Soalnya kalo kita ga sarapan pagi maka kadar gula darah akan rendah, akibatnya suplai nutrisi ke otak jadi berkurang.Biasa jadi susah konsentrasi terus ngantukan gitu. So, coba dech mulai biasain buat sarapan pagi.
2. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan juga ga bagus ini akan berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah sehingga kemampuan kerja otak akan menurun.Inget deh sunah rosul, makan secukupnya. Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air, dan sepertiga lagi untuk udara. Kan jadi seimbang.
3. Merokok
Kalo kamu bener bener pengen ngejaga otak kamu dan kamu masih pengen sukses, coba hindari dech rokok. Akibat negatif rokok itu udah banyak banget. Salah satunya zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer. Lha ngeri banget kan?? Penyakit alzheimer itu kehilangan kemampuan mengingat. Kalo nginget aja ga bisa terus gimana bisa kita berpikir. So, jauhin dech rokok pasti kamu bakalan lebih sehat dan dijamin akan banyak orang yang suka kamu berhenti ngerokok..
4. Mengkonsumsi Gula Terlalu Banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.So, kurangin makan yang manis manis..mending juga liat yang manis manis..hehe..lebih seger kan..:-P
5. Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi akan menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.Ya emank susah kalo yang satu ini soalnya bumi kita udah ga bersih kaya dulu lagi. Tapi masih bisa koq jauh dari pulusi udara. Misalnya cara sederhana, jauhi diri dari perokok, tutup hidung saat kendaraan berasap hitam lewat, trus masih banyak lagi. Kapan kapan aku kasih info soal ini..:)
6. Kurang Tidur
Catatan ne buat yang suka begadang, baik itu buat belajar apalagi buat yang cuma nongkrong ga pentink. Mendingan juga buat tidur. Soalnya otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Nah lo..dari pada ngambil resiko mendingan mulai dech prioritasin tidur yang cukup
7. Menutup Kepala Saat Tidur
Inget omongan jawa 'direp-repin' ungkapan ini berarti tidur bareng setan dimana kita susah bangun dan kehilangan kontrol tubuh kita, ada yang bilang ditindihin setan. Hiii..nakutin banget ya??. Sebenarnya secara logis bukan karena setan loch tapi kebiasaan tidur dengan menutup kepala ini akan meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak ini jangka panjangnya, kalo jangka pendeknya yach yang tadi aku bilang 'ditindih setan' tidurnya.
8. Menggunakan Pikiran Saat Sakit
Duh.. rajin banget ya kalo ada yang kaya gini. Orang ga sakit aja kadang males mikir, apalagi kalo lagi sakit. Tapi buat orang orang rajin yang maksain diri sakit sakit tetep mikir. Perhatiin artikel ini! Bekerja terlalu keras atau memaksakan berpikir pada saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak. Nah lo,, dari pada rajin diwaktu yang salah mending saat sakit biarin dech otak ikut istirahat.
9. Kurang Menstimulasi Pikiran
Nah ini yang tadi kita bahas diatas waktu prolog. Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak. Kurangnya stimulasi pada otak dapat mengakibatkan mengkerutnya otak kita. So berpikirlah..
10. Jarang Berkomunikasi
Yang satu ini mesti ga kepikiran kan?? Ini kenyataan lho komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomuniksai secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Karena itu ngobrol juga penting . Lihat aja buktinya orang yang suka ngobrol biasanya pengetahuannya lebih luas, eits tapi bukan ngobrol yang  macem macem lho ya..:-P
Aku rasa cukup segini aja yach. Semoga bermanfaat, jangan cuma di baca tapi diperhatikan dan diterapkan. Hindari !0 hal yang diatas. Selamat menjaga otak kamu !!

2 komentar: