18 Juni 2011

Google, Siapa Penciptanya ?

Apa halaman pertama yang muncul saat kau membuka browsermu? Situs apa yang paling sering kau kunjungi? Situs apa yang membuatmu merasa kemajuan teknologi sungguh sangat membantu?
Facebook? Coba pikir ulang, benarkah kau lebih banyak membuka Facebook dari situs lain. Kalau ya, kau benar-benar harus merasa kasihan pada dirimu. Facebook memang keren. Dia bisa membuatmu bermain seperti di dunia nyata saat kau ngobrol dengan asik. Tapi tidakkah kau lebih terpesona dengan situs ini ???
Mungkin kau terlupa dengan situs ini karena ini hanya tempat singgahmu menemukan sesuatu. Tapi saat kau berpikir ulang tentang situs tersebut kau akan merasa amazed dengan setiap bantuannya untuk hidupmu.
Tentu saja google tidak ada begitu saja. Terpesona dengan google yang mempesona dan akan lebih terpesona dengan pencipta google yang luar biasa. Tidakkah pemikirannya begitu liar ? Dia menciptakan sesuatu yang membantumu hanya dengan duduk dan menatap layar laptopmu, mengetikan apa yang ingin kau ketahui dan tidak sampai satu menit kau menemukan ribuan file. Wow!!! Siapa pencipta google ?

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Bisakah kau tebak alinea di atas aku dapatkan dari mana ? Google ! yup setelah searching di google aku menemukannya alinea itu dari sumber terpercaya Wikipedia. Tapi tetap saja langkah awal dimulai dari google.
Hanya satu alinea yang aku kutip tapi bagimu yang merasa mahasiswa tidakkah kau merasa tersindir membaca alinea itu ? Ups tak satu alinea penuh sebenarnya… Fokuskan pada kalimat Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas StanfordHal luar biasa yang diciptakan dari idealisme seorang mahasiswa.
Baiklah lanjut saja artikel ini. Aku tak ingin membahas google sebagai perusahaan, hasil produknya dan tetek bengek lainnya. Sepertinya kau akan mengerti sendiri saat kau membuka google. Tapi jika kau ingin tahu dari membaca kau bisa melihatnya di sini.
Seperti yang bisa kau baca dari judul. Artikel ini lebih menekankan pada “Siapa Pencipta Google?” Yup tentang profil, aku browsing profil Larry Page dan Sergey Brin. Ini dia hasilnya…
..

 Sergey Mikhailovich Bri ahir di Moscow, Uni Soviet, 21 Agustus 1973 dari sebuah keluarga Yahudi. Ayahnya adalah seorang profesor di departemen matematika University of Maryland, berperan besar mengembangkan ketertarikan Brin pada matematika. Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Elanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland, College Park. Di sana ia mengambil jurusan ilmu computer dan matematika. Brin berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Standford University melalui beasiswa dari NationalScience Foundation. Ia menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995.
Sedangkan,
Lawrence Edward "Larry" Page lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973. Page selalu memiliki minat pada komputer , terutama saat tumbuh dewasa didukung oleh ayahnya, Dr Carl Victor Page, seorang profesor ilmu komputer dari Universitas Michigan. Larry Page lulus dari East Lansing High School. Kemudian Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan. Page kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Standford Selama studi di Universitas Stanford dia bertemu dengan Sergey Brin.
Page dan Brin mulai bekerja pada sebuah proyek bernama “The Anatomy of a Large-scale Hypertextual Web Search Engine" atau dengan kata lain, yang Anatomi Search Engine. Proyek ini merupakah permulaan awal terbentuknya google. Pada awalnya mereka tidak memiliki rencana untuk menjadikannya sebuah bisnis, namun mereka hanya melakukan penelitian untuk gelar Ph.D.
Larry Page dan Sergey Brin mengubah cara sebagian besar orang menggunakan Internet. Tantangan mereka adalah untuk menjelajah Web secara efisien dan memberikan hasil yang lebih relevan dibandingkan dengan mesin pencari yang tersedia pada saat itu. Pertumbuhan dramatis dari website diperhadapkan pada masalah menjelajah web, informasi yang tetap up to date, penyimpanan indeks yang efisien, dan menangani banyak permintaan dengan cepat. Proyek Google digantungkan pada teknologi PageRank yang dikembangnya berdua. Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai.
Google dengan yang berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Stanford, sekarang menjadi perusahaan besar dengan pendapatan pada tahun 2009 tercatat sebesar $23,651milliar. Google merupakan salah satu situs yang paling dikunjungi di Internet.

Tidakkah mereka orang yang luar biasa ??? Hey kau mahasiswa, harusnya kau benar-benar merasa tersindir-oh sebaiknya tak hanya tersindir, tapi harusnya termotivasi- Pencipta Google adalah seorang mahasiswa, pencipta Facebook juga seorang mahasiswa. Apa yang kau ciptakan wahai mahasiswa ???
Termotivasilah untuk berkarya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar