7 Maret 2012

Brunch That Day


Nothing special with my brunch, it just “MASAKANKU!” :D
Hehe bukan pamer ato apa loh, emank q chef fara quen ato chef juna apa yang pantes sombong gara-gara lulusan sekolah masak luar negeri. Aku kan cuman lulusan ‘pawon sebelah’ hahahaha....
Otodidak, gara-gara suka kreasi nasi goreng sama aneka mie. Eh abis SMP malah udah mulai disuruh masak. Ugh aku tuh sebel kalo disuruh-suruh dan bukan inisiatif sendiri. Akhirnya baru SMA akhir mau kuliah aku bener-bener ‘dipasrahi’ masak beberapa kali. Daan soal narsistic kaya sekarang ini baru sekitar 1-1,5 tahun lalu. Itu juga cuman kalo aku lagi pulang ke rumah dan ga males... dan ga lebih milih maen... dan ada bahan di kulkas.. dan ga disuruh kepasar.. dan ga ada nyokap... daaan daaannnn yang laen.
Intinya jarang masak tapi masakanku selalu ngangenin kata orang rumah. Parahnya aku tuh aneh kalo abis dipuji terus besoknya suruh masak lagi aku tuh ga mau !!! Hehehe... ga ada alasan tapi ya g mood masak aja :p

Cukup buat ‘latar belakang’ (#lho :p)
Sesuai judul aku critain menu brunch-ku. Ne dia containt-nya
Nasi putih, kerupuk, sup jamur daannn PERKEDEL TEMPE
Kenapa aku capslock di salah satu menu itu?? Soalnya semua ketagihan sama menu baru itu. Sampe-sampe Tante aku besoknya minta ajarin bikin itu sama aku. Hehehe beneran GR deh. Dan yang lebih GR abis masakan tanteku jadi koq pada bilang enakan perkedel tempe bikinanku... Hahahahaha... berasa terbang :DD
Padahal sebenernya itu bukan bener-bener menu baru. Soalnya seingetku, aku pernah baca resep itu di salah satu kemasan penyedap masakan. Tapi ya itu biasa sambil lewat dan ga pernah susah-susah ngotot praktekin, catet atau bahkan simpan kemasan itu.
Eh hari itu liat tempe di kulkas keliatan bosenin banget kalo cuman digoreng ato ditumis. Aku butuh sesuatu yang BEDA (wizzjaannn :p). Akhirnya kepikiranlah buat bikin perkedel tempe itu. Tanpa resep apapun hanya berdasar intuisi dan selera...
Jeng jeng jeng “Perkedel Tempe” maknyuss ala chef vy :p

Ne aku bagi resepnya. Tapi ada catatan, mungkin lebih baik kalian cari resep pada kemasan penyedap makanan itu daripada ngikut resep kira-kira aku. Mungkin ini Cuma berhasil karena bakat dan lanyaknya tangan si pembuat yaituuu aku.... huehehehe :p
Bahan :
a. 1 papan Tempe
b.Daun Bawang
c.Tepung terigu
d.Telur
Bumbu :
a.Bawang merah
b.Bawang Putih
c.Ketumbar
d.Lada bubuk
e.Garam
f.Cabai rawit (cukup sedikit saja karena sudah ada lada, tujuan dimasukan cabe biar pedesnya nonjok J)
Cara Membuat :
1.Iris tempe berbentuk dadu kecil-kecil. Goreng setengah matang pada minyak panas. Tumbuk tempe sampai hancur. Sisihkan
2.Iris daun bawang dan bawang merah tipis-tipis.
3.Haluskan bumbu-bumbu beserta garam.
4.Campurkan bumbu dengan tempe yang telah ditumbuk. Setelah tercampur rata masukan telur dan kocok sampai rata.
5.Tambahkan lada bubuk secukupnya, taburkan daun bawang, kemudian bentuk sesuai selera.
6.Gulingkan di atas tepung terigu sebelum digoreng.
7.Goreng perkedel tempe sampai warna keemasan.
Tips memasak :
>Gunakan api sedang dan minyak yang cukup banyak agar perkedel tempe tenggelam dalam minyak saat digoreng.
>Bisa disajikan dengan saus atau sambal kecap.

Thats it my great brunch.
Wanna try it ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar