15 September 2010

Asal tebak :p

Kayaknya kecelakaan lalulintas kendaraan roda dua alias sepeda motor atau gampangnya biasa kita bilang motor, udah sering banget kita denger yach. Bahkan ada fakta mengerikan kalau dalam sehari selalu ada kecelakaan lalulintas yang di alami motor. Wuah ngeri banget yach. Apalagi kalo kita denger yang kecelakaan seusia kita (ABG gitu) rasanya merinding banget, berasa kita yang ngalaminnya.
Ada banyak banget penyebab kecelakaan. Dari kelalaian pengandara sampai kodisi jalan yang emang jelek. Di tambah lagi udah jadi rahasia umum kalo di negara kita SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa di beli dengan jumlah uang yang lumayan terjangkau. Hehe.. sentilan ya buat pemerintah..
Akibatnya banyak orang kurang kompeten trak-trakan di jalan. Yang aku liat sich banyaknya cowok. Yang aku bilang asal tebak di sini adalah fakta yang mau aku ungkapin berdasarkan pengamatan sesaat…
Coba amati dech setiap motor yang lewat di jalan raya dengan ABG sebagai pengemudinya. Ngerasa nggak perbedaan motor yang dipake ABG dengan yang dipake orang tua ???

Kalo belum nyambung juga perbedaannya, ini pengamatan aku. SPION. Yupz masalah sepele banget. Cermin yang berperan penting buat mengetahui kondisi jalan sewaktu kita mau nglewatin atau pindah posisi badan jalan.
Perhatiin tanda merah di gambar samping ! 
Motor ABG biasanya punya spion yang berbeda dengan standar spion motor dari pabrikannya. Kalo ga salah satu spionnya di copot –biasanya yang kiri- bisa dilihat juga ukurannya spion yang jadi mengecil. Bukan karena menyusut. Tapi SENGAJA di ganti. Alesannya sich biar keliatan keren, yeah aku juga seusia pengemudi motor nakal itu jadi tau lah..
Keliatannya emank ga ada hubungannya dengan kecelakaan yang biasa di alami motor. Tapi coba perhatikan lebih teliti. Pengemudi dengan spion kecil cenderung menengokan mukanya kebelakang sebelum ‘bermanuver’. Itu artinya kita lost dengan jalanan yang akan kita hadepin (di depan kita). Cuman bentar sich, tapi coba kalau di depan kita ada… oh GOD bisa aja nabrak pengendara jalur balik.
Itulah gunanya spion, buat mengecek keadaan di belakang kita sebelum kita bermanuver. Lah..kalo ukuran standar amannya aja di perkecil gimana bisa kita lihat dengan benar, jadilah nengok ke belakang yang bikin resiko keamanan menurun. Terus apa gunanya Keren kalo Keamanan Terancam.. kan jadi basi.. :p
Yeah itu pengamatan aku aja sich, orang yang ga tau otomotif. Taunya cuman motoGP yang emank keren ga peke spion…hehehe..
Aku balikin ke orang yang ngerasa motornya berspion kecil dan tau tentang standar keamanan berkendaraan. Benar ga pendapat aku ??? :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar