15 September 2010

Terlalu banyak orang terdzalimi perokok !!!

Huft..rasanya nafas tu jadi mahal banget kalo kita 5 menit aja di sebelah perokok. Paru-paru kembang kempis, bingung mo ngisep racun atau nahan nafas yang bikin muka biru, dan hilanglah toleransi sesama. STOP. Toleransi sesama ?? emank masih berlaku buat perokok ?? aku rasa harusnya ga :p
Rokok itu membawa banyak dampak buruk, jadi benar aja dulu MUI ngeluarin fatwa rokok itu haram. Yeah meski aku juga ga terlalu setuju karena agama tu ga bisa di paksa dengan aturan gitu aja. Pendapatku orang awam sich.
Kembali soal rokok. Rokok itu mendzalimi terlalu banyak makhluk hidup bahkan perokok itu sendiri !. Ini dia penjelasan detailnya.
Kandungan asap rokok yang harus kita kenal :
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
Udah baca dengan teliti ? Kalo belum teliti lagi. Berkalipun coba baca dengan teliti, ga akan dech nemuin satu zat aja yang berguna bagi tubuh. JELAS semua kandungan dalam rokok itu RACUN. Kandungan-kandungan itu biasanya bikin orang akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Padahal harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok. Alasan ‘cemen’ kalo ga ngerokok biasanya bikin manusia yang sifat dasarnya tinggi hati jadi panas. Awalnya ngerokok buat buktiin dirinya jantan. Tapi kelanjutannya ? Kecanduan dan  merasakan penderitaan yang sama, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. 
Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini. Yeah balik lagi sifat manusia yang tinggi hati buat dia ga mau di sepelein.

Dari uraian di atas, yuk kita coba jabarin berapa orang yang bakalan terdzalimi karena perokok :
1.      Diri sendiri. Tubuh perlahan namun PASTI akan rusak dengan menghisap rokok.
2.      Perokok pasif alias orang orang di sekitar perokok. Dari kesulitan bernafas sampai ikut menghirup asap rokok yang menimbun penyakit di tubuhnya.
3.      Generasi baru dalam janin perempuan yang rusak karena timbunan racun rokok karena sengaja atau tidak menghirup asap rokok dari orang lain.
4.      Keluarga perokok. Candu membuat perokok berusaha memenuhi kecanduannya. Uang nafkah keluarga beralih ke pemuasan nafsu. Mengurangi hak yang harusnya di dapat oleh keluarga untuk sesuatu yang lebih penting.
5.      Tanaman. Tanaman memang berfotosintesis dengan CO2 namun asap rokok mengandung karbon yang lebih berbahaya yang dalam takaran berlebihan dapat membuat tanaman mati karenanya.
6.      Udara. Oksigen yang jumlahnya minim makin tergerus dengan hadirnya zat-zat berbahaya asap rokok. Banyak ketakutan untuk bernafas karena resiko dari setiap helaan yang makin besar dengan tercemarnya udara.
7.      Bumi kita. Rokok juga termasuk penyebab global warming. Dimana lagi kita bisa hidup kalau bumi kita rusak.
Ada yang bisa nambahin ??
Duh kebayang ga sich.. segitu banyak orang terdzalimi dengan adanya perokok. Udah jelas do’a orang yang terdzalimi akan di kabulkan. Coba kalau setiap dari orang yang terdzalimi ndoain perokok itu cepat berhenti merokok. Pasti lebih cepat di kabulin karena jama’ah. Ia kalo di kabulin dalam bentuk si perokok insyaf ga ngerokok lagi, lah kalo diberhentiin nafasnya sekalian ?? Duh saying banget umurnya Cuma di gunain buat mendzalimi orang lain.
Cukup segini dulu dech. Aku sich berharap bisa nulis artikel himbauan tentang ruginya merokok lagi. Soalnya aku tu benciiiii banget sama perokok. Hihihi subjektif ya alasan nulisnya. Tapi moga aja kalo ada perokok yang baca artikel aku, dia bisa sedikit di pertimbangin buat berhenti merokok. Kalo artikelnya banyak kan lumayan, dari sedikit pertimbangan di tambah sedikit, sedikit, sedikit terus jadi keputusan dech buat berhenti merokok. Jadi makin sedikit perokok di bumi kita. AMIN…AMIN..Amin ya Robal’alamin. :DDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar