15 September 2010

Si Lezat UDANG


Uwaah akhirnya kesampaian juga nulis soal salah satu makanan fave aku ini.  Siap di posting d..
Slruuuurpppp…hmmm mulai deh air liur keluar ‘lo liat hidangan udang kaya di atas. Udang kebayang gimana enaknya buka kulitnya trus, nyam nyam nyam…. Daging lembutnya lumat di mulut sama sambal yang…uwaaa Mammaaa mana udang akuuu….. :D
Hehehe kelepasan deh..
Tapi yang bikin aku bingung, kenapa ya ga sedikit orang yang alergi sama makanan enak itu, ups udang maksudnya, yeah ga semua orang bilang enak kan :p.  Malahan ada yang nyampe kulitnya bengkak bengkak gedhe sampe harus di rawat di rumah sakit, padahal cuman makan ebi (itu loch udang yang kuueeecciiiiilll banget..hhe lebay). Apa aja ci yang terkandung di udang sampe bikin udang ueenak powl tapi juga bikin beberapa orang alergi ??? Yuuuk kita kulik..
Udang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang ditemuin hampir di semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Tapi sebenarnya jenisnya banyak banget loh, udang itu crustacea tapi hanya beberapa jenis crustacea yang biasa di sebut udang dan di konsumsi. Ini klasifikasi ilmiah udang secara umum…
Kerajaan:
Filum:
Upafilum:
Kelas:
Ordo:
Upaordo:
Infraordo:
Caridea

Kandungan nutrisi udang itu banyak banget. Nilai protein udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.
Kalori energi udang juga sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) makanya udang biasa dijadiin salah satu makanan diet yang sangat baik. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.
Ups setiap makanan ada kelemahannya juga kan, udang punya kandungan kolsterol udang cukup tinggi yaitu 152 mg per 100 gr udang segar.Tapi tenang aja semua manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya koq.  Asam lemak esensial yang dikandung udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesehatan kardiovaskular.
Selain itu udang juga mengandung vitamin dan mineral. Vitamin yang dikandung udang di antaranya vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), truz masih banyak lagi. Kalo mineralnya, mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.
Yes.. kebukti kan yang bikin udang enak banget itu gizinya itu loch yang berlimpah. Jelas banget banyak manfaat yang di dapet dari konsumsi udang. 
Tapi bahas lagi yuk apa sich yang kandungan udang yang bikin alergi. Biar kita bisa jaga-jaga juga.
Penyebab alergi di dalam makanan adalah protein, glikoprotein atau polipeptida dengan berat molekul lebih dari 18.000 dalton, tahan panas dan tahan ensim proteolitik. Sebagian besar alergen pada makanan adalah glikoprotein dan berkisar antara 14.000 sampai 40.000 dalton. Molekul-molekul kecil lainnya juga dapat menimbulkan kepekaan (sensitisasi) baik secara langsung atau melalui mekanisme hapten-carrier.Kandungan udang yang membuat alergi adalah histamin yang terdapat pada udang, terutama yang sudah tidak segar lagi. Karena, histamin terbentuk dari protein –hewan laut mengandung protein tinggi– yang bereaksi dengan enzim-enzim yang terbentuk setelah kematian makhluk hidup. Jadi singkatnya, gejala alergi akan muncul bila makanan laut yang dikonsumsi kualitasnya tak baik lagi karena daging ikan sudah mulai ‘dihabiskan’ oleh mikroorganisma pembusuk yang bereaksi dengan enzim-enzim tersebut, Terus alergi itu juga di picu kekebalan tubuh seseorang dan riwayat  kesehatan keluarganya.
Mmmm… rada bingung juga soal keterangan kandungan udang yang bikin alergi. Itu aku dapet dari yahoo answer, moga bisa di percaya..:D. Tapi yang terakhir bisa di percaya 100% koq, alergi itu bisa di lacak dari riwayat alergi orang tuanya. So tanya bonyok d.. alergi apa aja…
Yang JELAAAZZZ kasiaan deh kamu yang alergi udang. Udang tu resep diet yang puallinggg enak. Bayangin aja, diet sekarang ga harus jadi kambing, makannya sayuurr teruuuzz. Makan aja udang. Nyam..Nyam..Nyaammm…:DDD
Hehehe..jangan marah yang ngrasa tersindir terus jadi alergi baca blog aku deh :( Itu rugi bangeett soalnya.. mmm soalnya apa ya… artikel-artikel aku bermanfaat :p Amiin..
C u guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar