15 Februari 2011

Green My Mind

Go Green !!! Save our world !!!
Ga pernah berhenti aku pengen menyuarakan Go Green !!!. Ayo donk selamatkan bumi kita. Kalu bukan kita siapa lagi. Apa kita cuman diem ngeliat semua yang terjadi? Cuaca yang kadang panas banget nyampe ujan yang turun ga di musimnya. Banyak daerah yang repot menangani kebanjiran sementara di daerah lain kekeringan menyiksa. Kalo terus-terusan kaya gitu tempat kita tinggal bisa terancam. Bumi, sesuatu yang paling vital yang berhubungan dengan hidup kita. Bumi yang ga bisa diganti sama apapun !! Kalo bukan kita yang menjaga tempat kita tinggal –bumi-  kita siapa lagi?
Banyak banget kok cara yang bisa kita lakuin buat nyelametin bumi kita. Semua itu bakal di bahas di artikel ini. Green My Mind. Hijaukan pikiran saya. Kenapa aku ngasih judul kayak gitu? Alasannya simple kok. “Untuk merubah dunia kau harus merubah dirimu sendiri untuk menjadi tauladan keluargamu. Karena itu kau bisa mempengaruhi keluargamu, dengan dukungan mereka mungkin kau bisa membuat negaramu menjadi lebih baik dan siapa tahu suatu saat kau bisa merubah dunia”. Pernah denger kan? Nah artikel ini juga. Hijaukan pikiran saya. Agar saya bisa mempengaruhi keluarga, negara, dan dunia untuk bumi yang lebih baik bukan bumi yang terus dikuras abis kayak di jaman sekarang ini.
Yuk kita mulai bahasan kita
Banjir, longsor, kekeringan juga cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini mulai mengkambinghitamkan global warming sebagai alasan utama terjadinya semua bencana itu. Isu global warming pun semakin marak dibicarakan diberbagai forum. Sebenernya Global warming tuh apa sih?
Global warming atau pemanasan global adalah proses peningkatan suhu, rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0,74 ± 0,18 oC Selama seratus tahun terakhir. (Wikipedia.com)
Peningkatan suhu global yang terus menerus ini akan menyebabkan mencairnya es di kutub bumi sampai cuaca ekstrim yang kita rasakan akhir-akhir ini yang menyebabkan berbagai bencana banjir, longsor dan kekeringan. Selama seratus tahun terjadi peningkatan suhu tersebut, mungkin kita tak bisa merasakannya pasti tapi kalau sesederhana seperti cuaca yang makin panas tentu kita merasakannya kan? Sampai-sampai di beberapa bagian bumi, ada hutan-hutan yang terbakar karena cuaca yang begitu kering dan panas. Yang terlihat pasti kehilangan tempat tinggal saat hutan terbakar adalah para binatang. Tapi bukankah hidup kita juga terancam dengan menghilangnya hutan? Produksi oksigen di udara yang makin menurun, sementara gas-gas berbahaya yang disemprotkan cerobong-cerobong pabrik makin tak terhitung jumlahnya. Kita butuh oksigen untuk bernafas dan itu dihasilkan oleh pohon yang saat ini jumlahnya makin menurun.
Sekarang ini banyak kampanye-kampanye peduli lingkungan yang meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga bumi. Apalagi isu global warming yang makin santer dibicarakan media-media menyebutkan jika suhu bumi makin meningkat maka pemanasan global akan mengkiamatkan bumi. Es di Artik akan lenyap pada tahun 2030 dan akan menenggelamkan sebagian besar kota di dunia. Bumi akan melepuh pada tahun 2100. Wow kabar yang menggemparkan. Sebenernya apa sih yang terjadi dengan bumi kita?
Sebuah artikel yang aku baca membahas tentang konspirasi global warming. Tentang perdebatan dua kubu ilmuan yang setuju dan tidak setuju adanya teori global warming ini.  Juga tentang adanya konspirasi dibalik isu global warming ini yang diungkapkan oleh Lord Christoper Monckton bahwa isu global warming sengaja disebarkan dengan tujuan terbentuknya suatu tata pemerintahan baru dengan diadakannya berbagai konferensi tingkat dunia yang menyatukan berbagai Negara di dunia dengan kedok pembahasan global warming. (beritanusantara.com)
Karena dalam kenyataannya berita-berita yang disebarkan keberbagai media selama ini terlalu melebih-lebihkan fakta yang ada. Beberapa contohnya seperti berikut ini.
Bulan Agustus 2009 kemarin, pemimpin organisasi Greenpeace, Gerd Leipold, mengakui di depan wartawan BBC bahwa klaim yang mereka sebarkan lewat press release di bulan Juli 2009 bahwa es Arktik akan mencair total pada tahun 2030 adalah klaim yang salah. Ia mengakui bahwa Greenpeace telah berbohong dengan tujuan untuk lebih menggugah para pemimpin dunia. Salah seorang peneliti utama di IPCC (lembaga iklim PBB) juga mengakui bahwa suhu global memasuki fase mendingin dan mungkin baru akan memanas kembali pada tahun 2020. (breitbart.com)
Tapiiiii..
Yang jelas benar atau tidaknya isu global warming yang telah disebarkan media yang diperkuat beberapa ilmuwan tidaklah begitu penting. Tak usah terlalu terpancang pada suatu berita. Tinggal buka mata dan lihat sekeliling kita. Sungai mampet karena sampah, air bersih yang mulai susah didapat, hutan gundul, daerah resapan air yang mulai beralih fungsi menjadi lahan perumahan, abrasi berlebihan di pantai pantai Indonesia, udara yang makin menyesakkan karena banyak pabrik dan kendaraan bermotor. Banyak hal yang bisa kita amati di sekitar kita. Dan bisa kita simpulkan sendiri. Bumi memang mulai rusak dan terancam.
Gimana sih cara menyelamatkan bumi kita? Bukan hal yang terlalu berat dan menyusahkan untuk menjaga bumi kita. Karena banyak hal kecil yang kita lakukan memberi manfaat besar bagi kelangsungan bumi di masa mendatang. Hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk bumi kita diantaranya:
<1> Tidak membiarkan kulkas terbuka terlalu lama.
<2> Jangan gunakan parfume berjenis spray
<3> Jangan terlalu sering bergantung pada AC
Dari 1 sampai 3 hal yang begitu simpelkan. Tapi ini memberi manfaat besar karena terdapat emisi gas CFC (chloro flour carbon) pada benda-benda itu yang merupakan salah satu penyebab pencemaran udara. Penyelidikan bahkan membuktikan CFC juga menyumbang 15 % terjadinya Efek Rumah Kaca yang berakibat kenaikan suhu bumi atmosfer. 
<4> Buang sampah pada tempatnya
<5> Pisahkan sampah organic atau anorganik
<6> Minimalkan penggunaan plastic dalam hidup kia
Tiga hal simple ini juga mencegah pencemaran lingkungan kita. Pencemaran air dan tanah karena sampah-sampah. Pemisahan sampah juga mempermudah pendaur ulangannya. Karena sampah anorganik atau sejenis plastic ini akan sulit di daur ulang karena itu kita harus meminimalkan penggunaannya agar tak semakin banyak timbunan sampah si sekeliling kita.
<7> Jangan gunakan kendaraan bermotor untuk jarak yang dekat, gunakan kendaraan alternative untuk mengurangi emisi karbon
<8> Matikan mesin kendaraan saat menunggu di manapun
<9> Jangan merokok
7 sampai 9 ini juga simple kan ?. Selain mengurangi Gas CO dan CO2 penyebab utama pencemaran udara, kita juga bisa lebih sehat kalau meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor. Misalnya dengan berjalan kaki atau penggunaan sepeda yang kini makin jadi tren. Dan lagi kita bisa hemat beli bahan bakar yang saat ini harganya makin melambung tinggi. Sedangkan untuk rokok. Udah jelas banget kan rokok penyebab utama pencemaran udara yang paling dirasakan setiap orang. Selain itu bahayanya zat kimia dalam rokok yang mengancam kesehatan bukan hanya bagi perokok aktif namun juga perokok pasif.
<10> Tanam minimal 1 pohon
Ga perlu pohon yang gede-gede kok. Kalo lahannya sempit yang penting ditanam pohon aja. Bisa apa aja bunga, atau pohon daun-daun hias itu. Yang penting kan nambah kadar oksigen di udara yang dihasilkan dari fotosintesis daun. Tapi sebaiknya sih ikut tanam pohon gede juga. Misalnya ikut acara penanaman 1000 pohon yang sekarang marak digalakan pemerintah. Kalau ini membawa dampak besar untuk menggantikan hutan-hutan yang mulai tergusur hanya untuk kepentingan manusia.

Udah kali yah sepuluh aja dulu. Kalo itu dilakuin dijamin deh banyak manfaat besar untuk bumi kita. Tinggal kemauan dan kesadaran kita aja untuk nglakuin itu. Sekali lagi kalo bukan kita yang jaga bumi kita siapa lagi? Masih males juga buat nglakuin 10 hal di atas?
Okey aku punya mainan sederhana buat mimpi-mimpi kita tentang bumi masa datang. Pengen bumi yang kaya apa sih? Kanan atau kiri?
1>>
2>>
3>>
4>>
5>>
Udah? Mana pilihan kamu?
Kiri?! Wuah kiri tuh biasanya nggambarin hal yang buruk loh. Setan aja di kiri. Mau kaya setan? Hehehe
Mending milih yang kanan deh. Lebih cantik, lebih keren lebih special. Dan bumi bakalan senyum kalau kita peduli. Dijamin 1000% bumi bakalan lebih setia dari pacar kalo kita sayang bumi. Soalnya bumi bakalan ngasih semua hal yang kita mau. Hehe ga percaya?! Kita buktiin yah. Dimana kamu berpijak? Gimana kamu bisa hidup?
Di bumi. Cuman di bumi kamu bisa berpijak dan  bernafas sepuasnya tanpa bayar. Bumi ngasih kita semua untuk kelangsungan hidup kita. Makanan, udara, tempat tinggal, semua itu ada di alam yang dikasih bumi kita. Jelas atas kehendah Tuhan YME juga donk. Coba kalo bumi hancur !! Semua ga bakalan dijamin kita masih bisa dapetin semua hal itu. Bumi sayang kita lebiiiihhh.. so kenapa kita ga mulai sayangi bumi kita?
Yuukk sayangi bumi kita. Selamatkan bumi kita. Bisa dengan cara 10 hal sederhana di atas atau dengan cara lain yang sama baiknya untuk bumi. Yang jelas saluuuttt banget deh buat kita-kita yang mulai melakukan hal baik untuk bumi. Satukan misi. Satukan semangat untuk bumi tersenyum.
SAVE OUR EARTH !!! GOOO GREEEEEENNNN guy’s !!!! :D

footnote : semua gambar editing dari google.com/image
F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar