21 Juli 2013

Gurame Bumbu Acar


Hampir tiap hari tempatku makan ikan gurame. Kenapa, karena ada kolam baru di halaman belakang. Ga lebar c, tapi cukup dalam untuk memelihara puluhan ikan gurame. Dan jadilah bahan makanan yang tak murah itu jadi bahan eksperimen yang cukup sering. Pasalnya ikan yang dibeli buat isi kolam bukanlah ikan bibit gurame tapi gurame siap makan dengan bobot lebih dari 6 ons, selain itu keseringan goreng ikan gurame, mubazir, selalu ga habis dan dibuang. Hmmzzz bener-bener deh...
Dan ada kejadian lucu, ga tau dapet ide darimana, hari jum'at kemarin pulang-pulang ada Gurame Bumbu acar di meja. Baru dimakan sedikit. Tampilannya Wow banget menggiurkan. Bayangkan paduan segarnya masakan acar dan lagi, ini ada gurame-nya. Pastinya yang dibayangin betapa enaknya menyesap bumbu acar dalam daging gurame kan??
Kenyataannya, masakan kali itu bener-bener kaya masakan gurame dan acar. Rasanya misah, makan guramenya aja, rada amis dan kurang rasa. Makan acarnya aja, ya kaya makan acar. 
Dari kegagalan itulah niatku memperbaiki masakan yang gagal itu. Eh ga sengaja nemu lagi dari hasil googling. Daripada aku embat sendiri mending aku share kaannn... :D
Nah ini dia resepnya.
Bahan :
1 ekor ikan gurame ukuran sedang
1 sdt garam
1 sdt kunyit halus
1 sdm air jeruk nipis
Minyak untuk menggoreng
Bahan Acar :
1 bh wortel, potong kecil panjang
1 bh, ketimun, buang biji, potong-potong
10 bh cabe rawit merah
10 bh bawang merah kecil, belah dua
3 sdm air jeruk nipis
1 sdm gula
50 ml air matang
Bumbu untuk dihaluskan :
5 buah kemiri
1 ruas kunyit
3 bh bawang putih
1 sdt garam
5 sdm minyak untuk menumis.

Cara Membuat :
  1. Bersihkan ikan gurame, lumuri dengan garam, kunyit halus dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Goreng hingga matang dan garing. Angkat. Taruh dalam piring lonjong.
  2. Panas 5 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan potongan wortel, dan ketimun, aduk rata. Masukkan cabe rawit dan bawang merah aduk rata.
  3. Beri gula dan air matang, aduk. Terakhir tuangi air jeruk nipis. Aduk rata. Angkat.
  4. Siramkan acara diatas ikan goreng. Sajikan.
Sayangnya resepnya kurang memuaskan. Kenapa?? Karena dari analisisku resep ini jadinya sama kaya eksperimen orang rumahku. Rasanya mencar, ga nyatu dan ga menggigit. So, aku kasih saran dari keberhasilan eksperimenku yang lain tentang ikan gurame. 
Tipsnya yaitu sebelum langkah 3 selese, masukan gurame goreng, aduk (bukan di aduk kaya tumis lhoo, cukup siram-siramkan acar sampai merata di badan gurame). Tunggu hingga air mendidih dan terserap ke dalam gurame. Kalau dikira cukup, lalu angkan dan sajikan deh.
Yupzz itu tips dari aku c. Semoga bermanfaat dannn selamat memasak. ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar