5 Juli 2013

UM-UGM Pascasarjana: Perjalanan Merealisasikan Mimpi

Inget postingan ACEPT & PAPs : Perjalanan Merealisasikan Mimpi ? Kalo belum bisa baca dulu,, (hehe promo postingan ne..)
Di akhir postingan aku bilang. Jangan takut bermimpi. Tapi emank ngomong itu lebih gampang daripada ngelakuin. Bagai menjilat ludah sendiri, aku bener-bener takut bermimpi. Pasalnya semua persiapan yang udah digembor-gemborin 1 tahun belakangan amblas tanpa tindakan. Sebenernya ngapain aja sich sampe lupa impian sendiri?
Yeah... terlalu banyak bersantai dan juga dunia karier itu kejam kawan. Kejam, terutama buat kamu yang terlalu idealis sama apa yang kamu pelajari di kuliah. Karena pekerjaan yang bakal kamu lakuin hampir 180 derajat berbalik meski kamu bekerja di bidang yang kamu tekuni selama kuliah. Semua ga bisa langsung di atas, istilahnya jadi pesuruh kantor untuk sementara waktu sebelum berkecimpung di pekerjaan yang sesuai title yang kamu dapet pas diterima. Yeah biasanya karena jadi yang terjunior di kantor.
Penyesuaian dunia kerja itu bagai candu, dimana dan disaat apapun kamu mulai terus membicarakan segala hal tentang kantor dengan siapapun kamu bicara. yeah terlupakanlah semua mimpi dan tujuan itu. Untungnya seorang teman memberikan kabar baik tentang dibukanya pendaftaran BPPDN untuk um-ugm pascasarjana gelombang 2. Rada telat c.. tapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Hanya 2,5 bulan persiapan dan fokusku masih sama persyaratan um-ugm yang aku print dari tahun 2012. Yang paling menguras energi adalah draf proposal tesis. Bayangin belum aja kuliah udah disuruh bikin draft proposal, dan lagi basic aku pendidikan matematika, dan sekarang yang dibuat tesis matematika murni. Kelimpungan banget lah. Untung banget google banyak membantu kali ini. Ups bukan soal copas dan lain2 yaaa.. nggak banget deh.
Bantuan google itu dalam bentuk mempermudah buat aku nemuin berbagai refrensi yang menciptakan ide tesisku dan beberapa buku digital yang memperkaya refrensiku. English semua ! yeah tetep aja untung daripada nggak ada bantuan sama sekali. Dikebut siang malem, sampe ditegur temen kantor gara-gara waktu kerja malah ngerjain 'pekerjaan aneh >kata temenku<'. 
Perjuangan emang ga ada yang sia-sia. 1,5 bulan selesai. Yeeyyy. Sisa satu bulan bisa buat belajar. Iseng-iseng buka website ugm. Dan kacau balaulah lagi pertahananku. SALAH INFO.
Yeah persyaratan daftar s2 udah diedit dan disempurnakan. Yang menjadi sorotanku itu di bagian Draft penelitian itu hanya untuk disertasi s3. Mampuslah hidupku. Banyak waktu yang aku habiskan untuk sesuatu yang ga disyaratkan. Dan lagi begitu lihat kisi-kisi tes subtansial jurusan begitu banyak materi 'alien' yang belum pernah dipelajari pas kuliah dulu. Secara jalurku aja pendidikan matematika, dan ini ternya murni matematika yang membahas sampai dalam.
Disinilah mimpiku goyah. Tapi aku punya Allah swt yang tak pernah membiarkan hambanya terpuruk terlalu dalam. Aku bangkit, cari bantuan, cari refrensi untuk materi tesku. Meski nihil ga ada bantuan, aku tetep jalan. Parahnya dari tes subtansial jurusan aku cuma punya keyakinan 25% aku bakal diterima, meski ACEPT dan PAPs-nya aku yakin lolos. Tapi aku benar-benar takut bermimpi pada titik itu.
Ditambah lagi, pengumuman mundur beberapa minggu. Dari minggu ke 3 juni ternyata pengumuman baru keluar 1 juli. Disaat menunggu itulah mimpiku mulai pudar, dan lagi tawaran pekerjaan dengan fee menggiurkan mulai berdatangan. Tapi tetap saja Allah swt Maha Sempurna. Semua sempurna pada saatnya. 1 juli jam 3 sore aku ada janji tanda tangan kontrak pekerjaan dengan tawaran fee terbesar yang pernah ditawarkan padaku. Aku udah yakin banget bakalan ngelepas pekerjaan lama dan terima tawaran ini. Alasan lain karena jenjang kariernya yang menggiurkan.
Namun paginya Allah menunjukan kuasanya. Pengumuman um-ugm keluar. Daaannn Alhamdulillah aku LOLOOOOSSSSS. Bener-bener ga nyangka. Apalagi tentang hasil ACEPTku yang naik drastis dari hasil TOEFL ITP aku. (oh ya aku coba tes TOEFL ITP awal 2013 untuk melengkapi syarat dasar masuk s2, meski syarat sunah). Padahal aku ga sempet belajar sama sekali. Yeah semua udah ada jalannya. Aku lolos um-ugm dan tinggal menunggu pengumuman BPPDN. Semoga mendapat hasil terbaik. Amin..
Oh ya teman. Dari artikel ini semoga kamu semua bisa ambil manfaatnya ya. Yang paling utama JANGAN TAKUT BERMIMPI. asal disertai usaha dan doa pasti deh dapet hasil yang terbaik. Kesimpulan yang bisa jadi saran buat kamu adalah.
1. Isi biodata online dengan teliti dan jangan terburu-buru. (aku salah nama di online dan harus di urus secepatnya :p)
2. Cek persyaratan dengan teliti. Tentukan prioritas dari yang syarat wajib dan syarat sunah. Kalau waktu mepet syarat sunah ga dilengkapi juga ga papa. Namanya aja sunah, tapi emang lebih baik dilengkapi.
3. Fokus tujuan, jangan tengok kanan kiri. Tetapkan jadwal persiapan dengan disiplin biar hasil yang kamu dapet ga setengah-setengah.
4. Perluas pergaulan. Ini adalah persiapan yang ga bisa kamu siapin barang 1 atau 2 tahun. Tapi lebih. Karena dari pengalaman, teman yang bantu kamu di saat seperti itu adalah bener-bener teman kamu. Karena kalau bukan bener-bener temen kamu, kebanyakan mereka iri.
5. Berusaha, berdoa dan pasrah. Yang paling penting jangan sampai lupa untuk selalu percaya sama Allah swt yang selalu kasih kamu yang terbaik dari semua yang terbaik.
Yeah itu dia curhatanku. Biarpun curhatan semoga bisa diambil hikmahnya dan bermanfaat buat kamu semua. :D
Sekali lagi... alhamdulillah bisa lolos. Semoga segala sesuatunya diberi kemudahan sama Allah swt. Amiin. UGM i am coming \^o^/

1 komentar:

  1. salam mbak, sebelumnya saya juga sedang akan mengikuti um ugm pascasarjana di program studi matematika , mbak mau tanya kalau buat tes subtansial gimana yah?terimakasih

    BalasHapus