14 Desember 2012

The Pianist: True Story yang Mengerikan


Movie yang release tahun 2002 yang memenangkan 3 academy award ini berlatar di Warsaw, Polandia dari tahun 1939. Awalnya aku kira film ini genre-nya Romantis, soalnya scane awal muncul permainan piano yang indah dari seorang Yahudi pada siaran radio Warsaw. Shocking effectnya adalah Boom yang tiba-tiba meledak di daerah itu. Tapi hal itu ga bikin aku ngeh juga kalo film ini tidak seromantis bayanganku, soalnya saat kepanikan orang-orang itu Wladek >sang Pianist yang diperankan oleh Andrien Broody< bertemu dengan saudari temannya dan akhirnya jatuh cinta.
Hmmzz sungguh scane awal yang menipu. Soalnya setelah itu ketegangan perlahan mulai terbangun dari pengumuman pemerintah Inggris dan Prancis menyatakan perang kepada Jerman >aku ga begitu paham juga, soalnya film berat kaya gini mesti ditonton lebih dari satu X, tapi aku ga berani :p<.
Dari mulai pengumuman itu, kebebasan warga yahudi perlahan mulai dibatasi. Dari jumlah kepemilikan uang, fasilitas umum yang terlarang, sampai pertengahan puncaknya, warga Yahudi diharuskan tinggal di area khusus Yahudi. Tempat kumuh dengan ribuan orang yang kemudian dibangun tembok tinggi untuk memberikan jarak dengan dunia luar.
Kepanikan mulai bertambah, kelaparan warga Yahudi, orang tergeletak mati di setiap jengkal jalanan. Kecemasan karena Tentara-tentara yang berjaga mulai beringas dan membunuh siapa saja yang dimauinya. Sampai pemusnahan perlahan warga Yahudi berkedok transmigrasi ke tempat yang lebih baik.
Yang jelas mulai dari pemindahan orang yahudi ke penampungan khusus setiap menitnya diisi dengan scane-scane mengerikan. Aku rada bingung jelasinnya. Yang jelas film The Pianist ini tidak bercerita tentang keindahan permainan piano Wladek. Melainkan kisah hidupnya dan keluarganya untuk bertahan hidup dari ketidakadilan ras. Kesedihan dan trauma Wladek menghadapi kekerasan di lingkungannya yang lebih mirip kandang hewan daripada tempat hidup manusia. Wladek yang terpisah dari keluarganya saat perpindahan penampungan kaum yahudi. Meskipun terdapat sedikit angin segar saat keluarganya kembali berkumpul saat akan pindah keselatan namun hal itu tidak lama. Isu bahwa perpindahan keselatan adalah pemusnahan masal mulai menjenuhkan. Namun seorang kenalan tentara menyelamatkan hidup Wladek. Wladek menjalani hidup sebagai seorang buruh dengan banyak tekanan. Keberuntungan masih berpihak pada Wladek saat dia bertemu kenalannya yang bersedia membantunya melarikan diri. Setelah itu hidup Wladek dimulai dengan bersembunyi dari satu tempat ke tempat lain. Ditinggalkan dan dikunci dalam sebuah ruangan untuk bersembunyi. Sampai semua kenalan meninggalkannya dan Wladek harus hidup seorang diri mengais sisa-sisa makanan dari reruntuhan rumah yang tak berbentuk lagi.
Sosok Wladek dalam film ini bukan lah seorang Hero yang berani membrantas ketidak adilan yang diterima dirinya dan kaumnya.  Wladek seorang yang berusaha untuk hidup dan survive dari apapun yang terjadi.
Di penurunan klimaks terakhir, tentara Jerman yang menganiyaya kaum Yahudi tanpa belas kasihan menunjukan rasa kemanusiaannya. Seorang Jendral Jerman bernama Hosenfield (diperankan oleh Thomas Kretschmann) menolong Wladek bersembunyi dan memberikan makanan karena kagum dengan permainan piano Wladek. Endingnya masa-masa sulit Wladek dalam persembunyiannya berakhir saat Rusia datang dan warga Yahudi Polandia mendapatkan kebebasannya. Mirisnya pada awalnya Wladek ditembaki karena mengenakan jaket tentara Jerman. Namun beruntungnya, Wladek lolos dari tembakan tersebut dan dikenali sebagai warga Polandia. Scane terakhir, Wladek gagal membalas budinya pada Hosenfield, saat Hosenfield tertangkap sebagai tawanan perang. Wladek selamat dari masa sulit, dia berhasil hidup sampai usia 80an yang dihabiskannya dengan bermain piano.
Hmzz.. sinopsis yang rada ngaco ya.. Tapi semoga aja bisa ngasi gambaran buat kamu yang pengen nonton film ini. Oh ya,, ne dia beberapa pikku ketegangan dati movie The Pianist.
Sendiri di antara saksi bisu pembantaian
Si tentara bakalan nembakin satu-satu pekerja yahudi tanpa alasan
Kebingungan ketegangan, kehidupan hanyalan masalah waktu
Mengerikan kan?? Kalau kamu nonton movie ini ada lebih banyak lagi yang Bikin mual, mules dan ga karuan deh kalo liat film ini. Semua darah dan kematian. Kekejaman tanpa rasa prikemanusiaan. Tapi buat kamu yang suka film dokumenter berlatar belakang true story, film ini wajib kamu tonton. Cerita bertahan hidup yang luar biasa. Yeah buah kamu yang penasaran, silahkan searching di mbah google, download dan tontonlah film ini. Selamat menonton dan jangan tupa tutup matamu saat kamu mual ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar